Industri perhotelan merupakan bagian dari industri pariwisata yang memiliki arti penting, terutama bila dikaji dari aspek ekonomi. Industri perhotelan merupakan industri dengan karakteristik tertentu seperti transaksi yang terjadi dalam dua puluh empat jam dalam jumlah relatif banyak dengan nilai per unit transaksi relatif kecil serta perputaran kas yang cepat. Kondisi ini menghendaki dokumen-dokumen akuntansi yang ditetapkan sejalan dengan karakteristik industri perhotelan. Akuntansi sebagai suatu cabang ilmu dapat diterapkan pada berbagai jenis bisnis salah satunya yaitu bisnis perhotelan. Untuk memahami Akuntansi Perhotelan lebih lanjut maka dijabarkan materi-materi yang harus dipelajari.

Pertemuan 1      : Pengantar Pada Industri Perhotelan
Pertemuan 2      : Siklus Akuntansi, Pemahaman Debet dan Kredit
Pertemuan 3      : Daftar Rekening, Penjurnalan Transaksi   
Pertemuan 4      : Akuntansi Rekening Tamu
Pertemaun 5      : Akuntansi Kas
Pertemuan 6      : Akuntansi Penjualan Hotel
Pertemuan 7      : Akuntansi Piutang, Akuntansi Utang
Pertemuan 8      : Evaluasi materi
Pertemuan 9      : Akuntansi Harga Pokok Makanan dan Minuman
Pertemuan 10    : Akuntansi Bahan Habis Dipakai
Pertemuan 11    : Akuntansi Biaya Gaji dan Kesejahteraan Karyawan
Pertemuan 12    : Akuntansi Biaya Tetap
Pertemuan 13    : Pembukuan Pada Buku Besar
Pertemuan 14    : Penyiapan Laporan Keuangan, Menutup Buku
Pertemuan 15    : Rasio dan Statistik Keuangan
Pertemuan 16    : Evaluasi materi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg32LKTx4MgeZotim7vghoZUSwNf1qgMytZQ-R__8UclZ09iXml02s6jITH01ysQ2K_D7yIVDcreCnvFz9-gwf_3vkiQDrgoIcOxOSjbX7_Rqkx1Vk6rAnfV_b7DuMhRR0MU7BcIVoie4rr/s640/Contoh+Surat+Lamaran+Kerja+Menjadi+Resepsionis.jpg
Dalam materi ini akan dikaji rekening-rekening yang lazim diterapkan dalam industri perhotelan yang diadopsi dari Uniform System of Accounts for the Lodging Industry, jurnal umum, jurnal khusus, dan voucher jurnal untuk meringkas transaksi pada jurnal-jurnal tersebut setiap akhir periode akuntansi. Pendekatan materi ini adalah kompetensi. Oleh karenanya, kajian ditekankan pada kompetensi fungsi-fungsi yang terlibat pada departemen akuntansi suatu hotel seperti akuntansi rekening tamu, kasir umum (general cashier), auditor pendapatan (income auditor), bagian gaji (payroll), cost controller, bagian piutang (receivables), bagian utang (payables) dan sebagainya.  

Sumber: IBM Wiyasha. 2010. Akuntansi Perhotelan Penerapan Uniform System of Accounts for Lodging Industry. Andi Offset. Yogyakarta.