Secara umum auditing adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan-pernyataan tentang kegiatan dan kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan-pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan, serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan.
http://e-mpower.it/wp-content/uploads/2016/04/audit.jpg
           Auditing bukan merupakan cabang akuntansi, tetapi merupakan suatu disiplin bebas, yang mendasarkan diri pada hasil kegiatan akuntansi dan data kegiatan yang lain. Akuntansi merupakan proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian transaksi keuangan perusahaan atau organisasi lain. Hasil akhir proses akuntansi adalah laporan keuangan yang dipakai oleh manajemen untuk mengukur dan menyampaikan data keuangan dan data kegiatan yang lain. Di lain pihak, auditing ditujukan untuk menentukan secara objektif keandalan informasi yang disampaikan oleh manajemen dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, auditing harus dilaksanakan oleh pihak yang bebas dari manajemen dan harus dapat diandalkan ditinjau dari sudut profesinya.
        Agar mesin perekonomian suatu negara dapat menyalurkan dana masyarakat ke dalam usaha-usaha produktif yang beroperasi secara efisien, maka dalam perekonomian perlu disediakan informasi keuangan yang andal, yang memungkinkan para investor memutuskan ke usaha-usaha apa dana mereka investasikan
Untuk memahami Auditing I terdapat beberapa bagian pembelajaran, antara lain: 
Pertemuan 1            : Profesi Akuntan Publik
Pertemuan 2            : Etika Profesional
Pertemuan 3            : Bukti Audit
Pertemuan 4            : Kertas Kerja
Pertemaun 5 & 6      : Penerimaan Peringkat & Perencanaan Audit
Pertemuan 7            : Materialitas
Pertemuan 8            : Evaluasi materi
Pertemuan 9            : Risiko & Strategi Audit Awal
Pertemuan 10 & 11  : Pemahaman atas Pengendalian Intern
                                : materi lanjutan...
Pertemuan 12          : Penaksiran Risiko dan Desain Pengujian
Pertemuan 13          : AttributeSampling untuk Pengujian Pengendalian
Pertemuan 14          : Variable Sampling untuk Pengujian Substantif
Pertemuan 15          : Audit dalam Lingkungan Sistem Informasi Komputer
Pertemuan 16          : Evaluasi materi
         Materi ini ditulis berdasarkan atas dasar standar auditing yang terdapat dalam buku Standar Profesional Akuntan Publik per 1 Januari 2001. Materi yang digolongkan auditing I adalah Profesi Akuntan Publik dan Pekerjaannya. Maka dalam rangka pendidikan dan pelatihan berkelanjutan, materi yang disampaikan diharapkan memadai untuk mendidik mahasiswa agar siap menjadi profesional tingkat dunia di bidang auditing.    

Sumber: Mulyadi. 2002. Auditing. Buku 1, Edisi 6. Selemba Empat