http://www.getlowinsurancequotes.com/wp-content/uploads/2016/06/Budgeting.jpgBerbicara mengenai budget, mungkin kita sering mendengar istilah tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja misalnya anda seorang wirausahawan yang ingin membeli laptop. Lantas anda menanyakan ke teman anda yang mengerti segala hal tentang laptop mulai dari spesifikasi hingga harganya. Biasanya sang teman tersebut menanyakan balik. "Tergantung budget, memang berapa budget yang kamu sediakan?". Itulah salah satu contoh kasus kecil pemakaian kata budget  dilingkungan yang sederhana. Kata budget juga seringkali terdengar dalam dunia kerja khususnya ketika membahas program-program kerja utamanya anggaran atau sering disebut sebagai business budget.
Budget (Anggaran) adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang menyatakan dalam satuan keuangan (unit moneter) dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang. Budget memliki manfaat yang sangat penting bagi sebuah lembaga atau organisasi. Manfaat budget memiliki kesamaan dengan alasan menyusun sebuah rencana. Berikut tiga manfaat budget: 

  • Sebagai pedoman kerja dimana ini bisa memberikan arahan sekaligus memberikan target-target yang harus dicapai oleh lembaga  / perusahaan.
  • Sebagai alat pengkoordinasian  kerja sehingga dapat saling menunjang dan bekerja sama dalama mencapai tujuan lembaga / perusahaan
  • Sebagai alat pengawasan kerja yang berfungsi sebagai tolak ukur dan alat pembanding guna memudahkan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan oleh lembaga  / perusahaan.
Untuk memahami tentang Budgeting maka terdapat beberapa materi yang disajikan. 
Pertemuan 1      : Gambaran Umum Tentang Budget
Pertemuan 2      : Budget Penaksiran
Pertemuan 3      : Budget Penjualan 
Pertemuan 4      : Budget Unit yang Diproduksikan
Pertemaun 5      : Budget Bahan Mentah
Pertemuan 6      : Budget Upah Tenaga Kerja Langsung
Pertemuan 7      : Budget Biaya Pabrik Tidak Langsung
Pertemuan 8      : Evaluasi materi
Pertemuan 9      : Budget Biaya Administrasi
Pertemuan 10    : Budget Biaya Pemasaran
Pertemuan 11    : Budget Variabel
Pertemuan 12    : Budget Piutang
Pertemuan 13    : Budget Persediaan
Pertemuan 14    : Budget Perubahan Aktiva Tetap
Pertemuan 15    : Budget Utang dan Budget Kas
Pertemuan 16    : Evaluasi materi

Sumber: M.Munandar, 2013, Budgeting: Perencanaan Kerja Pengkoordinasian Kerja Pengawasan Kerja. Edisi Kedua. Yogyakarta:  BPFE Yogyakarta