Pengendalian Biaya pada sebuah hotel lebih dikenal dengan "cost control", ini merupakan salah satu bagian atau sub bagian dari departemen accounting.
Tugas
utama bagian ini adalah mencatat seluruh transaksi pembelian barang-barang
persediaan dan transaksi pengeluaran biaya (cost) yang dipergunakan oleh semua
departemen yang ada dalam kegiatan operasionalnya, dari waktu ke waktu, untuk
mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Bagian pengendalian biaya merupakan salah satu bagian yang penting dan sangat diperlukan keberadaannya pada sebuah hotel. Manajemen atau pemilik hotel menggunakan bagian ini sebagai alat untuk mengetahui dan untuk memprediksi kedepan tentang bagaimana kelangsungan hidup dari hotel itu nantinya.
Bagian pengendalian biaya merupakan salah satu bagian yang penting dan sangat diperlukan keberadaannya pada sebuah hotel. Manajemen atau pemilik hotel menggunakan bagian ini sebagai alat untuk mengetahui dan untuk memprediksi kedepan tentang bagaimana kelangsungan hidup dari hotel itu nantinya.
Kedudukan
atau posisi bagian pengendalian biaya pada sebuah hotel adalah sebagai jembatan
informasi antara departemen makanan dan minuman (food & beverage
departement) dengan pihak manajemen atau pemilik hotel itu sendiri.
Dengan
hanya mengetahui hasil laporan dari bagian pengendalian biaya, baik berupa
laporan harian, yang dikenal dengan laporan daily flash food cost dan
laporan bulanan (monthly report) maka pihak manajemen hotel sudah dapat
menghitung secara rekaan/perkiraan mengenai keuntungan kotor (gross profit)
pada hotel yang dioperasikannya.
1 Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus