Pengujian pengendalian adalah prosedur audit yang dilaksanakan untuk menentukan efektivitas desain dan operasi pengendalian intern. Pengujian pengendalian oleh auditor berkaitan dengan apakah kebijakan dan prosedur telah didesain secara memadahi untuk mencegah atau mendeteksi salah saji material dalam asersi tertentu dalam laporan keuangan. Pengujian pengendalian dilaksanakan oleh auditor selama perencanaan audit dan dalam pekerjaan intermin. Pengujian pengendalian juga dapat diterapkan dalam dua strategi audit yaitu, pendekatan terutama substantif danpendekatan resiko pengendalian rendah. 

Tujuan dari pengendalian intern adalah sebagai berikut:

  1. Keandalan pelaporan keuangan
  2. Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku
  3. Efektivitas dan efisiensi operasi 



Pengujian Pengendalian Bersamaan
Pengujian pengendalian bersama dilaksanakan oleh auditor bersamaan waktunya dengen usaha pemerolehan pemahaman atas pengendalian intern. Pengujia inidilakukan oleh auditor, baik dalam strategi pendekatan utama substantif maupun dalampendekatan resiko pengendalian rendah. Pengujian pengendalian bersama terdiri dariprosedur untuk memeroleh pemahaman dan sekaligus untuk mendapatkan buktiefektivitas pengendalian intern. Bukti yang diperoleh dari pengujian pengendalianbersama umumnya hanya menghasilkan taksiran tingkat resiko pengendalian sedikit dibawah maksimum sampaii ke tingkat yang tinggi.

Pengujian Pengendalian Tambahan atau Pengujian Pengendalian yang Direncanakan
Pengujian pengendalian ini dilaksanakan oleh auditor dalam pekerjaan lapangan.Pengujian pengendalian ini dapat memberikan bukti tentang penerapan semestinya kebijakan dan prosedur pengendalian secara konsisten sepanjang tahun yang diaudit. Kalau pengujian pengendalian tambahan hanya dilaksanakan bilamana dengan tambahan bukti tentang efektivitas pengendalian intern, auditor akan mendapat taksiranawal tingkat resiko pengendalian yang rendah dan biaya untuk mendapatkan buktitersbut efisien. Jika pengujian pengendalian ini dilaksanakan dalam strategi untuk mendapatkan taksiran awal tingkat resiko pengendalian rendah, maka pengujianpengendalian ini disebut pengujian pengendalian yang direncanakan.